Sabtu, 27 Juli 2013

Ingin Terlihat Awet Muda? Konsumsi 5 Makanan Ini



makanan | kulit awet muda
Banyak orang yang menginginkan wajahnya terlihat lebih awet muda dari umurnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, tidak sedikit dari mereka yang mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk-produk kecantikan yang mahal dan bahkan hingga melakukan operasi plastik. Padahal ada cara alami yang lebih murah dan tentunya bebas dari efek samping. Hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat tertentu, kulit anda akan terlihat cerah dan awet muda.

Makanan-makanan yang membantu meremajakan kulit

Ada beberapa makanan yang direkomendasikan para ahli, yang dapat bermanfaat dalam meremajakan kulit, beberapa diantaranya adalah :
1. Ubi Jalar
Warna jingga pada ubi bersumber dari betakaroten. Betakaroten merupakan senyawa yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit. Senyawa ini juga bisa membantu mencegah kulit kering dan mempercepat regenerasi kulit. Dengan mengonsumsiubi jalar, kulit anda akan terlihat lebih muda dan lembut.
2. Salmon
Warna kulit yang terlihat pink-kemerahan berasal dari astaksantin. Pigmen ini adalah musuh bagi radikal bebas yang dapat merusak DNA dan membran sel serta menyebabkan penuaan kulit. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan salmon terutama salmon liar sebanyak satu porsi setiap lima hari sekali bisa mencegah keratosis aktinik, sebuah penyakit kulit yang ditandai oleh bintik-bintik kecil, bersisik menonjol, dan kasar.
3. Tomat
Antioksidan likopen yang terdapat pada tomat dapat melindungi kulit dari terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Supaya tubuh dapat menyerap likopen dengan baik, sebaiknya tomat dimasak cukup sebentar saja dan sajikan dengan minyak zaitun.
4. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan dalam membentuk kolagen, komponen vital yang dapat membuat kulit tampak lebih muda. Selain itu, buah jeruk juga tinggi akan bioflavonoid yang dapat membantu mencegah kematian sel dan menjaga kulit dari paparan sinar UV.
5. Sayuran hijau
Sayuran-sayuran hijau seperti bayam mengandung lutein yang dapat melindungi kulit dari peradangan dan bintik-bintik hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.
Menurut seorang ahli kulit, Nicholas Perricone, efek makanan terhadap kesehatan kulit jauh lebih baik dibandingkan dengan efek yang diberikan suplemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar