Senin, 22 Juli 2013

Mudik 2013, Jabar Bakal Dilintasi 8 Juta Pengendara

Mudik 2013, Jabar Bakal Dilintasi 8 Juta PengendaraLiputan6.com, Jakarta : Mudik Lebaran 2013 semakin mendekat. Kepolisian Daerah Jawa Barat memperkirakan pada tahun ini terjadi penambahan jumlah pemudik yang mengarah dari Barat ke Timur Indonesia melalui jalur darat.

Jika tahun lalu terdata 6,7 juta di jalur Pantai Utara, Selatan, dan Tengah, setidaknya sekitar 7 hingga 8 juta pengendara akan melintasi Jawa Barat di Lebaran 2013 ini.

“Ini diantisipasi dan dilihat perkembangannya cukup signifikan. Karena pertambahan kendaraan di sekitar DKI Jakarta,” kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius saat ditemui tim Journey of Ramadan Liputan6.com di Mapolda Jawa Barat, Rabu (17/7/2013).

Untuk mengurai kemacetan, Polda Jawa akan merekayasa jalur lalu lintas saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2013. Khusus untuk jalur Selatan, Polda Jabar akan memberlalukan sistem buka-tutup di titik-titik yang diprediksi padat jelang H-8 Lebaran. Diharapkan hal itu juga dapat mengurangi waktu tempuh pemudik yang melintas di wilayah Jawa Barat.

“Pada arus mudik yang dari Garut ke Ciamis ditutup sementara. Diutamakan yang dari arah Bandung. Sedangkan pada arus balik, kami tutup yang dari arah Bandung dan yang dari Ciamis-Tasik kita dahulukan,” jelas Suhardi. (Ali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar